Pengertian Zakat

Bayar Zakat
Ilustrasi : Zakat (flickr.com)

 

Secuplik tentang pengertian zakat. Sebagai umat muslim kita tentu sering mendengar kata "zakat". Apa sih sebenarnya zakat itu ?


produksispot.blogspot.com - Secara bahasa, zakat berasal dari bahasa Arab : Az-Zakah yang berarti Suci. Bersih, tumbuh, berkembang, bertambah, subur, berkah, baik dan terpuji.  Sedangkan menurut definisi, zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan dan diberikan kepada yang berhak menerimanya, apabila telah mencapai nisab tertentu dengan syarat-syarat tertentu pula.

Sebagai salah satu rukun Islam, zakat senantiasa disebutkan berdampingan dengan kewajiban shalat diberbagai ayat Al-Qur'an. Perintah dalam hal berzakat banyak terdapat dalam ayat-ayat Al-Qur'an, diantaranya : 

" .... dan dirikanlah shalat, tunaikan zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah dengan pinjaman yang baik ... " (QS.73 : 20)

" .... hari orang-orang beriman, nafkahkanlah (dijalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu ... " (QS.2 : 267)
Baca juga : Syarat-syarat Zakat

Abu Bakar RA berkata : "Demi Allah saya akan memerangi orang-orang yang memisahkan antara kewajiban zakat dengan kewajiban shalat" (HR. Al Jama'ah)

Nah sahabat sekian dulu. Moga manfaat.
Wassalam



Referensi : Risalah Zakat - Panduan Untuk Amilin dan Muzakki (DPU Cabang Kutai Timur Kaltim)




No comments:

Post a Comment